KAMPUNG HALAMAN

Standard

Gambar

Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.168 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali), dengan penduduk hampir 4 juta jiwa.

Pulau Madura didiami oleh suku Madura yang merupakan salah satu etnis suku dengan populasi besar di Indonesia, jumlahnya sekitar 20 juta jiwa. Mereka berasal dari Pulau Madura dan pulau-pulau sekitarnya, seperti Gili Raja, Sapudi, Raas, dan Kangean. Selain itu, orang Madura banyak tinggal di bagian timur Jawa Timur biasa disebut wilayah Tapal Kuda, dari Pasuruan sampai utara Banyuwangi. Orang Madura yang berada di Situbondo dan Bondowoso, serta timur Probolinggo, Jember, jumlahnya paling banyak dan jarang yang bisa berbahasa Jawa, juga termasuk Surabaya Utara ,serta sebagian Malang .

Suku Madura terkenal karena gaya bicaranya yang blak-blakan serta sifatnya yang temperamental, tetapi mereka juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja. Orang Madura dikenal mempunyai tradisi Islam yang kuat, sekalipun kadang melakukan ritual Petik Laut atau Rokat Tase’ (sama dengan larung sesaji). Harga diri, juga paling penting dalam kehidupan orang Madura, mereka memiliki sebuah peribahasa angok pote tollang, atembang pote mata. Artinya, lebih baik mati (putih tulang) daripada malu (putih mata). Sifat yang seperti inilah yang melahirkan tradisi carok pada sebagian masyarakat Madura.

Gambar

 

SUKU MADURA

Suku Madura terkenal karena gaya bicaranya yang blak-blakan serta sifatnya yang temperamental dan mudah tersinggung, tetapi mereka juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja. Untuk naik haji, orang Madura sekalipun miskin pasti menyisihkan sedikit penghasilannya untuk simpanan naik haji. Selain itu orang Madura dikenal mempunyai tradisi Islam yang kuat, sekalipun kadang melakukan ritual Pethik Laut atau Rokat Tasse (sama dengan larung sesaji).

Gambar

MAKANAN KHAS MADURA

Kali ini saya akan bercerita mengenai makanan di Madura tepatnya di kota Sumenep. Makanan khas Madura banyak sekali. Misalnya, kaldu, gado-gado, rujak, soto, sate dan sebagainya. Saya akan membahas rujak. Karena saya sangat suka rujak. Alat: piring, cobik, sendok. Bahan: lontong, buah-buahan, sayur-sayuran, petis, cabe, kacang, vetsin, dan garam ditambah keripik dan kerupuk.
 
Banyak sekali makanan enak di Madura. Selain makanan, minuman di Madura juga ada seperti, es campur, es bubur, es degan, es teh, es buah, dan sebagainya. Kita tidak perlu pergi ke luar kota untuk mencari makanan dan mnuman yang enak karena kota Sumenep mempunyai berbagai macam makanan dan minuman yang tidak kalah enaknya dari kota lain. Makanan Madura banyak di gemari banyak orang karena mempunyai rasa yang enak dan harga yang  cukup murah.
Tapi, di era globalisasi ini makanan khas Madura tidak di sukai lagi oleh orang madura mereka malah menyukai makanan orang barat seperti ayam goreng, pizza, humberger, dan sebagainya. Padahal kita tidak tahu makanan itu dibuat dari apa dan tidak tahu makanan itu halal apa haram. Seharusnya sebagai kota sumenep yg terkenal dengan keagamaannya yang baik memberi contoh dengan cara tidak mengikuti perkembangan zaman.
 
Jika, kita memanfaatkan yang ada dan merubahnya menjadi lebih baik maka kota Sumenep akan lebih maju. Jadi, kita sebagai generasi penerus harus pandai dan tidak gampang di bodohi oleh perkembangan zaman. Kita harus bisa mengembangkan yang baik menjadi lebih baik. Karena, jika kita bisa  merubah sesuatu menjadi lebih sempurna sama halnya kita menjaga makanan khas Madura.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s